Saturday, April 4, 2015

Jacob Mossel

Jacob Mossel 1704-1761

Sebelum meninggal, Vinck menjual Weltevreden pada Jacob Mossel tahun 1749. Sejak di tangan Mossel barulah Pasar Senen berkembang dan mempunyai arti bagi daerah Weltevreden. Mossel yang kemudian menjadi gubernur jenderal (1750-1761) menggali sebuah terusan, Kali Lio, dari Crote Rivier (Kali Ciliwung) menuju ke terusan yang mengalir sepanjang Gunung Sahari. Dengan demikian, jalan masuk ke pasar dengan perahu menjadi lebih mudah. Juga untuk menghubungkan vila mewah yang dibangunnya di tepi tikungan kali Ciliwung.
 
Vila Mossel mi dibangun dua tingkat dengan gaya Barok. Tamannya luas sekali. Pmtu gerbangnya saja terletak di Jalan Senen Raya sekarang. Di belakang vila ada kolam renang dan kolam ikan. Kompleks vila dan taman dikelilingi parit, sehingga mirip sebuah pulau kecil.
 
Sejak Mossel menjadi pemilik, rupanya lalu menjadi kebiasaan bahwa tanah Weltevreden itu dianggap sebagai milik pribadi gubernur jenderal selanjutnya. Setiap kali seorang gubernur jenderal meletakkan jabatan, tanah itu dijual kepada pengganti-nya. Pemilik terakhir yang tinggal di vila Weltevreden adalah Daendels, yang memerintahkan pembongkaran sebelum ia sendiri pindah ke Buitenzorg (Bogor). Bekas vila itu sekarang ditempati RSPAD Gatot Subroto.

No comments:

Post a Comment